Tim-tim top Asia memulai debutnya di kualifikasi Piala Dunia

Per September 2019 ini, Indonesia resmi mengawali perjalanannya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Mimpi untuk tampil di putaran final Piala Dunia di Qatar pun dimulai.

Berada satu grup dengan Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Uni Emirat Arab, ada harapan besar skuad Simon McMenemy bisa menampilkan performa terbaik dan melaju ke babak selanjutnya.

Ini menjadi kemunculan pertama Tim Merah-Putih di Kualifikasi Piala Dunia sejak terakhir kali tampil pada 2012 silam (Kualifikasi PD 2014). Indonesia tidak mengikuti Kualfikasi PD 2018 lantaran terlilit kasus pembekuan PSSI oleh pemerintah yang berujung skors dari FIFA.

Raksasa sepak bola Asia mengambil panggung sebagai babak kualifikasi kedua benua untuk Piala Dunia FIFA 2022 Qatar ™ mencapai Matchday 2 pada hari Selasa.

tim-tim-top-Asia-memulai-debutnya-di-kualifikasi-Piala-Dunia

10 September: Hasil

Guam 1-4 Filipina

Filipina menanggapi kekecewaan pertandingan pembuka mereka di Grup A, di mana mereka kalah 5-2 di kandang dari Suriah, dengan kemenangan meyakinkan di Guam.

Mongolia 0-1 Tajikistan

Sepuluh orang Tajikistan menjadi tim pertama yang mengalahkan Mongolia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Ulaan-Baatar sejak 21 Oktober 2007, ketika DPR Korea menang 4-1. Mongolia telah memenangkan empat pertandingan kualifikasi Piala Dunia berturut-turut di kandang tanpa kebobolan gol sebelum hari ini.

Cina Taipei 0-2 Nepal

Penjepit Anjan Bista membuat Nepal mengalami kekalahan kualifikasi Piala Dunia kedelapan berturut-turut atas China Taipei.

Kamboja 0-1 Bahrain

Bahrain memimpin Kamboja dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia ke-90 dalam sejarah mereka – rekor keseluruhan mereka dalam kompetisi sekarang adalah 32 kemenangan, 26 seri dan 32 kekalahan.

Singapura 2-1 Palestina

Safuwan Bin Baharudin mencetak gol keempatnya dalam sejarah kualifikasi Piala Dunia; dia mencetak tiga gol saat kualifikasi Rusia 2018.

Hong Kong 0-2 IR Iran

IR Iran memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di kualifikasi Piala Dunia menjadi 22 pertandingan berturut-turut (16 kemenangan dan enam seri). Kekalahan terbaru mereka dalam kompetisi adalah pada 14 November 2012 dengan kalah 1-0 di kandang dari Uzbekistan.

Myanmar 0-2 Jepang

Takumi Minamino mencetak gol untuk pertandingan internasional kedua berturut-turut, saat ia menjadi pencetak gol dalam pertandingan persahabatan internasional melawan Paraguay pada 5 September.

Indonesia 0-3 Thailand

Thailand mengakhiri rentetan 12 pertandingan kualifikasi Piala Dunia berturut-turut tanpa kemenangan (empat seri dan delapan kekalahan).

Malaysia 1-2 Uni Emirat Arab

Ali Mabkhout mencetak gol kualifikasi kelima Piala Dunia melawan Malaysia – totalnya 11 gol – dan sebelum dua gol hari ini, ia mencetak hat-trick dalam kemenangan 10-0 atas Malaysia selama kampanye kualifikasi Rusia 2018.

Afghanistan 1-0 Bangladesh

Gelandang Afghan Farshad Noor menjaringkan gol pertamanya untuk tim nasional, dan itu adalah yang penting. Upaya sukses pemain berusia 24 tahun itu pada menit ke-27 berakhir dengan menyegel ketiga poin bagi tuan rumah di Dushanbe.

Turkmenistan 0-2 Republik Korea

Itu merupakan kemenangan kualifikasi Piala Dunia ketiga berturut-turut atas Turkmenistan untuk Republik Korea dalam tiga pertemuan. The Taeguk Warriors mencetak gol pada menit ke-13 untuk memimpin melalui Na Sangho dan menutup pintu dengan gol lain di menit ke-82 dari Jung Wooyoung.

Sri Lanka 0-1 Korea Korea

Sri Lanka tetap tangguh sepanjang babak pertama, dan pertandingan tetap tanpa gol sampai bek tengah Korea Jang Kukchol menemukan tanda pada menit ke-67. Para pengunjung pantang menyerah dan mulai menang.

Maladewa 0-5 PR Cina

Yang Xu sekarang menjadi top skorer bersama RRT dalam sejarah kualifikasi Piala Dunia, bahkan bermain imbang dengan Hao Haidong dengan 13 gol. Gol penalti menit ke-65 Xu adalah yang ketiga dari pertandingan Tiongkok. Sementara itu, pemain depan kelahiran Brasil, Ai Kesen mencetak dua gol dalam debutnya untuk Team Dragon, mencetak gol pada menit ke-83 dan lagi dua menit menjelang babak kedua berakhir.

Kuwait 0-3 Australia

Untuk kedelapan kalinya berturut-turut, Australia memenangkan debut kualifikasi Piala Dunia mereka. Kekalahan terakhir mereka dalam pertandingan pembuka datang melawan Fiji pada 26 November 1988. Ketiga gol Socceroos dicetak di babak pertama melawan Kuwait, dua dari Mathew Leckie dan satu dari Aaron Mooy.

Yaman 2-2 Arab Saudi

Yaman mengamankan hasil imbang melawan Arab Saudi untuk pertama kalinya sejak 2002, memimpin dua kali dalam pertandingan sebelum tim tamu menjawab setiap kali. Gelandang tujuan Mohsen Mohamed dalam 10 menit memiliki kerumunan tuan rumah menderu. Namun, kembalinya Arab Saudi memberi mereka poin di jalan.

Qatar 0-0 India

Hasil yang mengesankan bagi India melawan juara Asia di Doha. Pertahanan Blue Tigers melakukan cukup untuk menjaga tuan rumah dari papan skor, berdiri tegak melawan 13 tembakan tepat sasaran dan kepemilikan 63 persen untuk Qatar.

Sumber: Asia’s top teams debut in World Cup qualifying

Relevant news